Nama Kelompok 4

Dosen Pembimbing : Herman M.,S.Kom

Nama Kelompok IV :

1. Anita Nurmawati (11102048)

2. Delia Putri Harmayanti (11102050)

3. Hanifa (11102052)

4. Ayu Ria Astari (11102122)

5. Aris Aprilian (11102124)

6. Eka Siti (11102245)

7. Dedy Prasetyo H (11102246)

8. Dewi Fatmi sari (11102364)

9. Arman Alfandi (11102365)

10. Saskia Sindi (11102367)

11. Eka Desy Jayanti (11102548)

12. Rofiqoh S (11102549)

Sabtu, 11 Desember 2010

HEM PTIK UAS


BAB I

PENDAHULUAN

1.1          Latar Belakang
     Di era globalisasi seperti ini, teknologi informasi dan Komunikasi sudah tidak asing lagi. Hampir setiap kalangan menggunakan atau memakai jasa dari Teknologi Informasi dan Komunkasi tersebut.
     Tumbuh dan berkembangnya sebuah teknologi merupakan sebuah proses pembentukan jati diri suatu bangsa. Saat ini dengan kemajuan teknologi informasi masyarakat dapat menikmati sara dan prasarana yang tersedia.
     Oleh karena itu, kami tertarik untuk membahas dan mengambil tema tentang “Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikiasi”. Karena menurut kami banyak manfaat yang dapat dipetik.

1.2      Rumusan Masalah
     Teknologi informasi dan komunikasi mencakup ruang lingkup yang amat luas. Akan tetapi, penelitian ini hanya menyankut tentang kejadian-kejadian yang mengandung teknologi. Dan kami juga hanya akan membahas tentang penelitian kami di sebuah perusahaan.

1.3      Tujuan Penyusunan Makalah
Tujuan disusunnya makalah ini adalah :
o   Ingin mengetahui kegunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari
o   Sebagai tugas mata kuliah Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi
o   Untuk menambah Pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi

1.4         Metode Penelitian
             Metode yang digunakan dalam penyusunan makalah   ini adalah:
o   Riset ke Perusahaan yang dituju
o   Metode wawancara (observasi) adalah metode pengumpulan data yang berupa percakapan langsung (berhadapan muka) atau melalui telepon dan telekonferensi.
o   Mengumpulkan dan mencari informasi melalui buku-buku yang berkaitan dengan judul makalah, dan melakukan browsing ke berbagai internet.


BAB II

LANDASAN TEORI

2.1         Mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi
         
A.      Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi

          Teknologi yang menyertai proses komunikasi untuk menyampaikan informasi disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dalam bahasa Inggris TIK disebut ICT, yaitu singkatan dari Information and Communication Technology.

          TIK mencakup 2 aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi dan pengelolaaan informasi. Teknologi Komunikasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima. Oleh karena itu, teknologi informasi dan komunikasi merupakan padanan tak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan proses manipulasi, pengelolaan dan pemindahan informasi antar pengirim dan penerima.

          Pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi dapat membantu kita untuk mengenal, menggunakan dan merawat peralatan TIK, serta menggunakan segala potensi yang ada untuk mengembangkan kemampuan diri. Selain itu, penguasaan TIK akan meningkatkan kualitas kehidupan  di berbagai bidang melalui proses pendidikan yang berlaku pada semua tingkatan dan lintas ilmu.

2.2        Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

     Berkomunikasi merupakan kebutuhan yang utama. Untuk itu, manusia menciptakan sistem dan alat untuk berhubugan, mulai dari melukis kisah di dinding gua, isyarat menggunakan asap atau bunyi, penulisan huruf, pengiriman surat, hingga munculnya telepon dan internet. Alat dan sistem komunikasi yang diciptakan manusia kemudian dikenal dengan nama Teknologi Informasi dan Komunikasi.
          Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan TIK. Berikut ini adalah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

1.             Masa sebelum masehi
          Awalnya, teknologi informasi dikembangkan manusia sebagai sistem pengenalan bentuk-bentuk dengan menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua. Perkembangan teknologi selanjutnya, yaitu dengan diciptakan dan digunakannya alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, misalnya terompet yang terbuat dari tanduk binatang, serta isyarat seperti asap sebagai alat untuk pemberi peringatan terhadap bahaya.
Selanjutnya, ditemukannya abjad fonetik, kertas sebagaia media penulisan hingga cara pencetakan buku, dan masih banyak lagi perkembangan lainnya.

2.            Masa awal tahun masehi
          Manusia hidup diberi akal yang sempurna sehingga makin lama peradabannya semakin maju dan berkembang. Demikian pula peralatan atau teknolgi yang ditemukan oleh manusia juga semakin maju termasuk didalamnya adalah komputer. Sedangkan Notebook sekarang menjadi alat komunikasi yang canggih. Notebook yang ringan yang memungknkan untuk dibawa kemana-mana dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti halnya Personal Computer biasa dengan internetnya. Dengan demikian, dengan Notebook seseorang dapat mengakses informasi apa saja dan dapat berkomunikasi ke seluruh penjuru duina.

        2.3      Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi
         
Pada zaman atau era globalisasi ini, teknologi informasi dan komunikasi memegang peran yang sangat penting. Dengan teknologi informasi dan komunikasi membuat dunia kelihatan dekat sekali. Kalau dahulu untuk menyampaikan pesan harus dilakukan dengan berkirim surat, sekarang pekerjaan itu telah diganti dengan menggunakan surat elektronik yang disebut email.

      Teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah membuat suatu pekerjaan dapat ditangani secara efektif dan efisien. Bukan hanya itu saja, sekarang pekerjaan-pekerjaan yang rumit dan berat dapat ditangani dengan bantuan komputer dengan lebih efektif dan efisien. Komputer ternyata telah membawa keuntungan bagi para pemakainya.

a.    Peranan TIK dalam kehidupan sehari-hari
Bentuk-bentuk TIK dan peranannya terhadap kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut :

o  Perkembanngan dalam bidang komunikasi, dengan   adanya perkembangan tersebut, kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi di berbagai belahan bumi.

o  TIK memacu perkembangan jenis usaha baru. Fenomena perubahan yang muncul seiring dengan maraknya internet adalah menjamurnya bisnis berbasis internet. Nama-nam, asitus komersil di internet semacam detik.com, lelang.com, indoexchange.com dan sebagainya.

b.    Peranan TIK dalam bidang pendidikan (e-education)
Peran teknologi di bidang pendidikan tidak dapat kita hindarkan. Pendidikan yang menggunakan sarana TIK, terutama internet yang umumnya kita sering sebut e-education.

     Manfaat internet bagi dunia pendidikan di Indonesia antara lain dapat melaksanakan kuliah secara online, penyediaan layanani informasi akademik intuisi pendidikan secara online dan masih banyak lagi.

     Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada bidang pendidikan memungkinkan adanya system belajar jarak jauh dengan menggunakan internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya. Pendidikan jarak jauh dapat memenfaatkan teknologi internet secara maksimal, dapat memberikan efektifitas dalam hal waktu, tempat dan bahkan meningkatkan kualitas pendidikan.

c.    Peranan TIK dalam bidang pemerintahan (e-government)
Beberapa manfaat e-government antara lain:
o  Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis dan masyarakat umum.
o  Meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.
o  Memperkuat kesatuan dan persatuan nasional.
o  Mewujudkan pemerintah yang lebih transaparan
o  meningkatkan daya saing bangsa.
o  Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh.
o  Meningkatakan jati diri bangsa di tingkat internasinal.
o  Menyelaraskan kebijakan pembangunan TIK dengan kebijakan di berbagai bidang.
o  Meningkatkan pemahaman pentingnya budaya informasi.
o  Dan masih banyak lagi lainnya.


 BAB III

GAMBARAN  UMUM PERUSAHAAN

Photobucket 

      3.1    Sejarah Berdirinya Perusahaan
    Bpk Jacob Oetama dimulai sebagai seorang wartawan dengan hasrat untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan untuk semua. Dengan pemikiran ini ia menerbitkan majalah Intisari pada tahun 1963. Majalah ini mirip versi Bahasa Indonesia dari Reader's Digest dan terbukti sangat sukses.

                Dua tahun kemudian pada tanggal 28 Juni 1965 ia memulai dengan menerbitkan sebuah koran harian yang dinamai Kompas. Kompas telah menjadi Koran paling dicari di Indonesia dan dengan sirkulasi terluas. Begitu besar keberhasilan usaha awal, Mr Oetama segera mendapati dirinya berpaling kepada buku dan majalah, percetakan penerbitan dan ritel. Inilah awal dari pendirian Gramedia Book Store.

    PT.Gramedia Asri Media Kelompok Kompas Gramedia Group didirikan oleh Bpk Jakob Oetama dan berdiri sejak tahun 1970. Toko buku Gramedia pertama dibangun di Jalan Gajah Mada, Jakarta. Bisnis yang baik dan ekspansi datang dengan cepat. Pada tahun 2006, Gramedia memiliki 69 toko buku di seluruh kepulauan Indonesia dengan setidaknya enam lagi gerai baru dijadwalkan akan dibuka di setiap tahunnya.

          Dan pada tahun 2009 dibentuklah peranakan / cabang dari Gramedia Book Store yaitu dinamakan Trimedia Book Store. Toko buku ini hampir sama dengan Gramedia Book Store. Barang yang diperjual belikan pun sama.

         3.2    Visi dan Misi Perusahaan
      Misi

      Untuk berpartisipasi dalam pengembangan intelektual bangsa kita dengan menyebarkan pengetahuan dan informasi melalui mode ritel yang berbeda dan distribusi buku, alat tulis, kantor dan produk multimedia, ditandai dengan pelayanan unggul, manajemen proaktif dan perilaku bisnis yang tepat.

      Visi

      Untuk menjadi agen perubahan dalam masyarakat majemuk kita, untuk menjadi pemimpin dalam distribusi ritel dan pengetahuan, informasi dan media infotainment-based dan untuk menyediakan terdepan, inovatif dan produk-produk berorientasi pasar.

      3.3    Struktur Organisasi dan Tugasnya

            


                           
                                                     
        *Tugas dari masing-masing jabatan diatas adalah :





        o   Store Manager adalah seorang pimpinan di perusahaan tersebut, tugasnya yaitu mengawasi jalannya perusahaan.
        o   SekJen (Sekertaris Jendral)
             Tugasnya yaitu untuk mengecheck semua penerimaan kas. Termasuk dengan Penjualan.
        o   Supervisor Penjualan
             Tugasnya yaitu untuk mengecheck persediaan barang yang ada digudang dan mengatur para karyawan.
        o   Supervisor Penjualan Bag.Kasir
            Tugasnya yaitu untuk mengurus segala sesuatu yang terjadi di kasir.
        o   Administrasi
            Tugasnya untuk merekap semua hasil penjualan yang terjadi hari ini.
        o   Kasir Besar
             Tugasnya hampir sama dengan Spv.Penjualan Bag.Kasir. perbedaanya kalau di Kasir besar hanya mengurus kas kecil dari Kasir.
        o   EDP (Entry Data Processing)
             Tugasnya untuk Proses memasukkan data penerimaan dan pengeluaran barang dari pemasok . setelah itu dicatat dalam sebuah catatan dan dilaporkan setiap hari kepada Store Manager.
        o   EDP (Entry Data Processing)/retur
             Tugasnya untuk pengembalian barang kepada supliier. Lalu di catat dan di laporan kepada EDP.
        o   Ware House Support
             Tugasnya untuk penerimaan barang dari pemasok dan pengecheckan barang datang yang ada di gudang.
        o   Labeller
             Tugasnya untuk melabell barang yang baru datang dari pemasok.
        o   Costumer Service
             Tugasnya untuk memberikan pelayanan kepada customer.
        o   Kasir
             Bertugas melayani  customer yang melakukan transaksi pembayaran.
        o   Pramuniaga
             Bertugas untuk melayani customer dan mendisplay barang.
        o   Cleaning Service
             Bertugas memberikan pelayanan kebersihan untuk perusahaan
        o   Security
             Bertugas sebagai keamanan di perusahaan tersebut.


        BAB IV


        PEMBAHASAN

        4.1  Penggunaan Komputer.

             Di perusahaan ini Komputer yang digunakan ada 17 PC(Personal Computer) diantaranya yaitu :

        @ 1 PC di ruang Server Utama
        Kegunaannya untuk menge-check jaringan-jaringan yang ada di perusahaan tersebut. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya



        @PC ruang ServerUtama@


        @ 4 PC di Ruang Data Entry.
             kegunaannya untuk Proses memasukkan data penerimaan dan pengeluaran barang dari pemasok .

           
        @PC ruang Data Entry@

        @  2 PC di Ruang Manager.
                               Kegunaannya untuk me-review semua barang yang banyak diminati oleh konsumen.
           
        @PC ruang Manager@

        @  1 PC di Ruang Kasir Besar.
              Kegunaannya untuk melihat omset yang terjual hari ini, kas kecil dan laporan ke bank.

           
        @PC ruang Kasir Besar@

          @ 1 PC di Ruang Administrasi.
                     Kegunaannya untuk Administrasi Counter ( Rekap Harian Penjualan).



        @PC ruang Administrasi@

        @  2 PC di Ruang Supervisor.
        Kegunaannya untuk menge-check email masuk darri pusat , untuk penge-chek’an penjualan dan untuk penilaian parra staff.


        @PC ruang Supervisor@
             
                                 @ 3 PC di Kasir
             Kegunaannya untuk Transaksi Penjualan.

                                                                  
        @Ini adalah gambar dari salah satu PC di ruang Kasir@

           Di Kasir juga terdapat alat elektronik lainnya yang berguna untuk pembayaran secara non-tunai atau lewat ATM/Kartu Kredit. Selain itu alat tersebut juga berfungsi untuk tarik tunai uang cash.


                                              
        @Ini adalah gambar dari alat yang telah disebutkan diatas@

        @  1 PC di Customer Service.
        Kegunaannya untuk memberikan pelayanan kepada customer. Agar customer dapat memberikan saran, kritik dan solusi bagi perusahaan tersebut.



        @PC ruang Customer Service@

        @  2 PC di Informasi Buku.
        Kegunaannya untuk mencari buku , untuk mendata customer potensial, untuk menginformasikan kepada customer jika ada pemasukan buku-buku baru.

                                    
        @PC ruang Informasi Buku@


                 4.2  Jenis-jenis Hardware dan Software yang Digunakan

        - Hardware

              Jenis hardware digunakan diperusahaan ini adalah menggunakan PC (Personal Computer).
              Selain itu perusahaan ini juga menggunakan 2 Printer yang terdapat di Ruang Data Entry dan Ruang Administrasi. Di ruang Administrasi terdapat printer biasa yang hanya digunakan untuk mencetak data. Tetapi di ruang Data Entry , terdapat printer yang di khususkan untuk mencetak “label harga” dan “barcode barang”.
              Di bawah ini adalah gambar dari printer-printer yang telah kami uraikan diatas.
        @Printer yang terdapat di Ruang Administrasi@



        @Printer yang terdapat di Ruang Data Entry@ 


        - Software     
        Jenis software yang digunakan di perusahaan ini adalah :

        o  Microsoft word
        Biasanya digunakan untuk membuat surat penawaran, surat order pembelian, surat permintaan dll.

        @ini adalah contoh dari penggunaan Software pada Microsoft Word@

        o  Microsoft excel
           Biasanya dipakai untuk membuat daftar gaji karyawan, mencatat stock barang, untuk mengabsen karyawan, dll.

        @ini adalah contoh dari penggunaan Software pada Microsoft Excel@

        o  Oracle
        Biasanya digunakan untuk melihat stok barang, untuk meng-order barang, untuk menge-check harga, untuk retur penjualan.

               @ini adalah contoh dari penggunaan Software pada Oracle@

        o  E-Commerce

           Perusahaan ini juga mempunyai situs sendiri yang khusus untuk memperjual belikan barang-barang yang ada di toko mereka, tetapii dengan cara online. Cara ini mempermudah para konsumen yang tidak sempat untuk datang ke toko buku tersebut, lalu mereka bisa lebih mudah dengan membelinya dengan cara online.
           Pertama search ke link : www.gramediaonline.com , di menu tersebut kita bias memilih daftar list buku serta harganya. Jika kita ingin membelinya langsung pilih menu : shopping cart .
           Berikut adalah tampilan link dari gramediaonline :



        @Ini adalah tampilan dari www.gramediaoline.com@

        Dibawah ini adalah tampilan menu Shopping cart dari Gramediaonline :

        4.3    Penggunaan Jaringan Internet  

                  Penggunaan jaringan internet di perusahaan ini menggunakan speedy, dan digunakan pada ruang Manager, ruang Server. Jaringan ini aktif dalam 24 jam. Dan terdapat 1 induk server yang berguna untuk coneection ke server pusat dengan kecepatan 100 kbps.

                  Dibawah ini adalah gambar dari modem speedy yang digunakan oleh perusahaan tersebut.



                  Internet ini terhubung dengan Modem. Modem adalah alat yang memungkinkan computer untuk menerima dan mengirimkan data bentuk data dalam bentuk digital melalui saluran telpon.


        4.4           Penggunaan Jaringan Komunikasi

         Jaringan komunikasi yang digunakan di perusahaan ini , diantaranya adalah :
        *  Telepon
        Telepon ini berada di banyak ruangan , karena sebagai penghubung informasi antar ruangan. Telepon ini menggunakan system parallel. Jadi bisa langsung dihubungkan dengan cepat ke penelpon. Jaringan komunikasi ini terdapat 4 line telepon.
        Dibawah ini adalah gambar telepon yang ada di salah satu ruangan.
                      
                                
                                     *Facsimile
        Mesin fax ini hanya terdapat pada 1 ruangan saja, yaitu terdapat di Ruang Manager. Karena untuk mempermudah si manager untuk berhubungan dengan client2nya.

                
                 @Ini adalah gambar dari Facsimile yag ada di ruang tersebut@



         BAB V

                  PENUTUP

        5.1       Kesimpulan

                  Dari penelitian yang telah kami lakukan dapat kami simpulkan bahwa di era globalisasi  ini membutuhkan teknologi yang canggih yang dapat mendukung semua kelancaraan pekerjaan dalam bidang apapun yang bisa digunakan secara efektif dan efisien. 
                 

        5.2     Saran
                 
                  Sebaiknya Trimedia mengembangkan cabangnya diberbagai  daerah yang ada di Indonesia, agar bisa lebih di kenal oleh seluruh lapisan masyarakat. Dan dapat bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia.

                  Supaya sesuai dengan tujuannya yaitu untuk
        mencerdaskan anak bangsa dan generasi muda penerus bangsa.


        BAB VI

        LAMPIRAN-LAMPIRAN

             Di dalam BAB ini kami akan melampirkan foto-foto ketika kami sedang riset dan ketika kami sedang melakukan peng-editan atau pembuatan makalah. Serta beberapa kegiatan yang ada di perusahaan tersebut diantaranya yaitu :



                                               


















        Tidak ada komentar:

        Posting Komentar